profil bppk

16 June, 2009

Mangli kaliangkrik


#some image missing#
Mangli Dapat Bantuan Lagi oleh Gubernur
Sambutan buat Gubernur Jawa Tengah begitu mengharukan saat anak2 SD negeri Mangli menyanyikan lagu selamat datang Gubernur . Hadirnya bpk Bibit Waluyo dan Ibu Gayatri memberi semboyan “Mulih Deso Mbangun Deso”. Itu yang membuat penantian bagi setiap warga Jawa Tengah dari hadirnya pak Gub….
Setelah kelompok tani binaan ppl Setyo Wibowo di panggil oleh presiden RI Bpk. SBY untuk mendapatkan penghargaan karena sukses dalam kemandirian pangan meski dengan habitatnya makan dengan nasi Jagung.
Tujuan yang dicapai dalam acara ini adalah memberikan bantuan bagi Desa Mangli yang telah berprestasi dalam pengembangan Desa, atau tidak lain adalah program “Desa Mandiri Pangan “ / DMP. Bantuan yang diterima sebesar 40 ekor sapi dan 5 ribu tanaman jeruk keprok sebagai pengembangan potensi wilayah dan jika berhasil akan difokuskan untuk menjadi sentra perkebunan jeruk keprok district Kaliangkrik west Magelang.
“Bagaimana hal ini bisa terjadi?”, pertanyaan yang diungkap oleh perwakilan dari Badan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Tengah yang kebetulah hadir dalam undangan.
Berdasarkan identifikasi yang telah dilakukan oleh tim Penyuluh Pertanian District. Kaliangkrik ternyata daerah kawasan tersebut dilihat dari segi topografi dan keadaan wilayahnya memenuhi syarat dalam pengembangan jeruk dan apel, namun untuk apel diprogramkan pada tahun 2010. Sehingga perlu adanya penelitian yang harus dilakukan. Sedangkan tanaman buah yang telah hadir dari nenek moyang secara turun temurun adalah kesemek/ kledung dengan karakter buah menyerupai tomat besar dan rasa yang khas dan mirip seperti apel.
Daerah Kaliangkrik juga merupakan daerah pengembangan strawberry. Setia musim panen dan musim china banyak orang china yang ngerelain untuk wisata dan menikmati buah strawberry dan the asli Kaliangkrik (the java tea), sehingga banyak wisatawan yang selalu ingin mencoba menaiki daerah Kaliangkrik untuk refresing.
Daerah butuh adalah daerah Desa tertinggi di Kaliangkrik di gunung sumbing yang dulu tahun 84 terkenal akan bawang putihnya, namun kandas sampai sekarang karena unsure hara yang telah habis dan ini perlu dilakukan rehabilitasi lahan miring.
Setiap hari hari libur banyak pendatang yang melakukan kegiatan extrimnya yaitu pendakian, dari lokasi desa tersebut dapat ditempuh jarak waktu 8 jam hingga sampai puncak rajawali sumbing mountant. Namun ini jalur lintasan tidak terlalu disukai bagi pedaki yang masih pemula dan menengah. Biasanya yang lebih suka adalah pendaki murni dan penuh seni.
Teh Kaliangkrik yang beraroma eksotis. Setiap warga pribumi yang berkunjung ke Kaliangkrik menjadi tradisi ketagihan mencicipi teh. Sehingga mereka selalu membeli di rumah rumah di petani. Yang pertama terkenal menanam adalah daerah Desa Adipuro Kec. Kaliangkrik Kab Magelang. Pemasaran masih dilakukan di pasar2, pemesanan dan jika selalu ikut dalam pameran agro expo disetiap event. Jadi jika anda berminat dapat menghubungi ardani di 085729312212 dengan harga per kg Rp.30.000 (class A), 25.000 untuk class B. tapi maaf belum termasuk ongkos kirim..tapi InsyaAllah bakalan enjoy n ketagihan. Dengan kemasan asli yang sederhana tanpa ramuan neko neko.
Oleh. Muhammad. A. Balai Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan Kaliangkrik Magelang.

No comments:

Post a Comment